Friday, June 28, 2013

KERAJINAN ANYAMAN BAMBU


Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.
Ketika masih tumbuh, bambu dapat memberikan suasana sejuk dan teduh di sekitar rumah. Kadang – kadang karena hidupnya berumpun, maka dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pagar halaman atau batas kepemilikan tanah. Rumpun bambu juga sering dijadikan batas desa terutama untuk desa – desa di Pulau Jawa. Bambu banyak terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Di daerah pedesaan, tanaman bambu memegang peranan yang sangat penting. Bambu merupakan jenis tanaman yang berfungsi serbaguna sehingga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  POTENSI KERAJINAN ANYAMAN BAMBU
Pedukuhan Jetak I merupakan dusun yang terletak di Kelurahan Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman DIY. di Pedukuhan ini terdapat kurang lebih 50 pengrajin anyaman bamu. keahlian pengrajin dalam menganym ini diperoleh secara turun termrun dari nenek moyang yang akhirnya kini dapat menjadi mata pencaharian penduduk setempat.
anyaman bambu yang diproduksi oleh pengrajin di Jetak I merupakan anyaman dengan bahan baku kulit bambu hitam dan hijau yang telah diirat dan kemudian dianyam sedemikian rupa menjadi motif motif yang menawan. produk pengrajin anyaman bambu ini biasanya digunakan sebagai langit – langit bangunan, dinding gazebo, dinding restoran bergaya alam, dan penggunaan yang lainnya. pengrajin anyaman bambu di Pedukuhan ini telah mampu memproduksi berbagai macam motif yang menarik dan sangat dinamis digunakan sebagai atab bangunan maupun pelapis dinding.
kerajinan anyaman bambu dewasa ini menjadi sangat potensial dengan adanya kegemaran dan keinginan masyarakat terhadap dekorasi yang bersumber dari alam dan natural. dengan bahan baku yang berasal dari alam, masyarakat akan dibawa ke suasana yang lebih segar dan nyaman sehingga dapat melepaskan kepanatan setelah beraktifitas. peluang ini lah yang membuat para pengrajin semakin giat dalam bekerja dan belajar sehinggga dapat memenuhi keinginan konsumen dan memberikan pelayanan yang terbaik.


kerajinan anyaman bambu
Pedukuhan Jetak I Sidokarto Godean Sleman DIY
Cara pemesanan produk, bisa langsung kunjungi situs koperasi ADI KARYA anyaman bambu 
ANYAMAN BAMBU WEBSITE  
atau anda bisa langsung menghubungi  085726418340 / 085729150125

No comments :

Post a Comment